Modifikasi strap casio protrek prw3000 dengan nato/zulu strap

Strap Nato.

Casio, sepertinya sudah tidak asing lagi nama ini terdengar di telinga kita. Salah satu produsen  peralatan elektronik ternama yang sudah lama dikenal, dimana produknya antara lain kalkulator, jam tangan, kamera, proyektor, dan lain lain. Untuk jam tangan sendiri, buanyaaaakkkkkk sekali varian yang dikeluarkan oleh casio, antara lain; G-shock, Baby-G, Protrek, Edifice, Parhfinder, dll, dan dari setiap varian masih ada seri-seri yang buanyyykkkk lagi bisa sampe botak kalo mau ngapalin semuanya.

protrek

Kebetulan, saya sudah beberapa tahun memiliki salah satu jam tangan ber-merk Casio, lebih tepatnya seri Protrek PRW-3000. Salah satu pertimbangan saya memilih jam ini adalah karena ukurannya tidak terlalu besar, bahkan termasuk jam dengan diameter terkecil untuk seri Protrek, maklum lengan kecil ngerasa minder kalau harus pake jam tangan dengan diameter besar, takutnya dikira mau dipake berubah jadi power ranger nantinya.

2951133_20130723084515

Jam ini mempunyai fitur yang lumayan lengkap untuk digunakan berkegiatan di alam bebas, antara lain Altimeter, Barometer, Compass, Thermometer, gausah dijelasin lagi lah ya fitur tersebut buat ngukur apa aja, udah pada mudeng juga pastinya. Tetapi yang paling saya suka adalah adanya batre tough solar, nggak perlu lah gonta ganti batre atau ngecas, cukup sering dipake, kena sinar matahari, otomatis ngecas sendiri. Saya sendiri selama beberapa tahun pemakaian belum pernah mendapati jam batre jam ini berada pada level M (medium), selalu di level H (high) yang artinya batre full teross.

Tapi ada kalanya merasa bosan pake jam ini, tapi sayang banget mau dijual. Jadinya nyari-nyari lah cara gimana jam ini punya sesuatu yang fresh, yang baru. paling mudah dan ngirit adalah dengan cara mengganti strap dengan strap aftermarket. Kebetulan pilihan jatuh pada zulu strap 5 ring. Untuk pemasangan zulu strap, perlu tambahan adapter lugs lagi yang dibuat khusus untuk beberapa seri protrek, salah satunya jam ini.

DSC05022 DSC05032

Cek cek cek, setelah adapter lugs dan strap didapat (oiya size yang support untuk adapter ini adalah strap lebar 22mm), maka sekarang adalah waktunya bekerja. Persiapkan obeng minus ukuran kecil 2 buah, adapter lugs, strap, suasana yang tenang, dan sedikit waktu luang, karna pekerjaan ini nggak boleh diganggu, kalo keburu-buru ntar malah bautnya ilang bisa bingung lagi.

Okehh, pertama-tama adalah melepas strap bawaan dengan obeng minus. Setelah terlepas, pasangkan adapter lugs, pasang lagi baut bawaannya. Kemudian pasang strap zulu. Dan taraaa, jadilah jadi seperti dibawah ini. Cepetkan gantinya, gak sampe 3 baris tulisan dah kelar aja.

DSC05030 DSC05028 13689645_10202024242844660_1361058924_n

Oiya, selain untuk prw-3000, adapter ini juga support untk seri, prg-300 series, prw-3100 series, prw-s3100 series, prw-6000 series, prw-6100 series. Yang berminat membeli bisa klik disini

Yang berminat beli zulu strap 5 ring bisa klik disini

 

Comment

One thought on “Modifikasi strap casio protrek prw3000 dengan nato/zulu strap

Leave a Reply

Your email address will not be published.