Teknologi di jaket outdoor (bagian 2: konstruksi layer / lapisan)

pengertian single layer, 2 layer, 2.5 layer, dan 3 layer di jaket outdoor

 

konstruksi jaket outdoor

konstruksi jaket outdoor

Seringkali kita mendengar di FJB (forum jual beli), tentang “jaket 3 layer, jaket 2.5 layer, dll”. Tapi benarkah kamu udah faham yang dimaksud layer yang dimaksud ini? Karna kenyataannya, beberapa orang bahkan ada seller yang belum benar-benar faham. Contohnya, suatu kali saya lihat di grup facebook entah yang mana lupa udah lama, seorang seller menulis “dijual jaket 3 layer, daleman polar”, hlo kok bisa tahu itu kain yang dipake buat jaket adalah 3layer sedangkan  ada lapisan polar (bahasa kerennya sih fleece) -nya? dia sobek itu polar trus dipelototin sampe ketahuan ooooh 3 layer? kayaknya nggak mungkin deh.

Nah biar ndak bingung, kita coba jelasin pakek bahasa yang lebih mudah difahami. Jadi, layer di bahan kain jacket outdoor yang dimaksud adalah beberapa lapisan yang bertumpuk yang kemudian dijadikan satu lapis kain. Masih susah dipahami? Hooh susah bener ini nyari bahasa yang enak, lebih gampang nyari enak yang lain. Ya pokoknya begitulah, baca sampe bawah nanti juga faham.

Pada umumnya lapisan pertama pada jaket ini adalah:

  1. lapisan pertama, outer, yaitu lapisan bahan yang terlihat dari luar yang diwarnai biar jaketnya kliatan keren-keren. Terbuat dari bahan yang relatif tahan gesekan
  2. lapisan kedua, yaitu membran waterproof dan breathable yang pada umumnya mempunyai sifat lengket di kulit
  3. lapisan ketiga, yaitu lining, kadang disebut juga liner, kadang juga backing. kalo di FJB akrab disebut ‘daleman’, mas ini jaket dalemannya apa? daleman ya sempak kalo nggak cawet mas -_-

Nah pada umumnya sih begitu, hlo kok pada umumnya? iya karna ada yang nggak umum, nanti dibawah ada contoh yang nggak umum.

Lalu, bagaimana konstruksinya, kelebihan, dan kekurangannya?

  • 1 layer / single layer, jaket dengan konstruksi ini hanya mempunyai satu lapisan saja. Jaket ini tidak mungkin waterproof karna nggak ada membran waterproofnya, mentok-mentok sih windproof doang. Kebanyakan jaket single layer ini cuma buat memproteksi dari angin, bukan termasuk hujan. Banyak jaket-jaket lari menggunakan konstruksi ini karna lebih ringan dan pekingannya kecil, inilah kelebihan dari jaket single layer.
  • 2 layer, jaket dengan konstruksi ini terdiri dari 2 lapisan material yang terpisah dimana lapisan pertama (luar) terdiri dari 2 lapisan yaitu outer dan membran waterproof-breathable, sedangkan lapisan kedua adalah lining biasanya adalah kain taffeta, mesh/jaring, kombinasi keduanya, atau lining sekaligus sebagai lapisan insulasi misal fleece yang dijahit menjadi satu dengan jaket. Fungsi lining ini adalah untuk mencegah lapisan membran waterproof lengket ke kulit. Kelebihan jaket dengan konstruksi ini adalah harga lebih murah, kain lebih fleksibel, dan lebih nyaman. Sedangkan kekurangannya adalah lebih berat, lebih bulky (pekingan gede), tidak terlalu breathable dan durable dibandingkan 3 layer. Contoh material dengan konstruksi ini adalah gore-tex performance shell, hyvent 2 layer. Mas, dalemannya apa? sempak dek, eh jaring. Nah itu pasti 2 layer.
konstruksi 2 layer

konstruksi 2 layer

2 layer jacket

2 layer jacket

  • 2.5 layer, jaket dengan konstruksi ini 1 lapis, dimana 1 lapis ini terdiri dari lapisan outer, membran waterproof, dan lining. Lining di konstruksi ini diaplikasikan dengan cara printing atau disemprotkan ke lapisan membran waterproof untuk mencegah lapisan lengket ke kulit. Biasanya material 2.5 layer mudah dikenali dari adanya pola printing di liningnya, pola ini bermacam-macam dari mulai brand materialnya, kotak-kotak, bulet-bulet, garis-garis seperti kontur, tapi sayang sepertinya belum ada yang nyetak pola renda-renda, selain itu ada juga yang polos los. Kelebihan material ini adalah fleksibel, sangat ringan, sangat packable, lebih murah daripada 3 layer. Kekurangannya adalah kurang breathable dibandingkan 3 layer, tidak terlalu durable karna lapisan lining ini mudah pecah kemudian mengelupas. Contoh konstruksi ini adalah gore-tex paclite, hyvent 2.5 layer, cocona 2,5 layer, dry-Q evap, hydroshell-nya berghaus.
konstruksi 2.5 layer

konstruksi 2.5 layer

2.5 layer jacket

  • 3 layerm jaket dengan konstruksi 1 lapis yang terdiri dari 3 lapisan yang berbeda yaitu outer, membran waterproof, dan lining. Lining di konstruksi ini berupa rajutan-rajutan benang tipis yang tidak terlalu rapat untuk disebut kain yang direkatkan ke membran waterproof. Material dengan konstruksi ini dikenal adalah yang paling durable, memberikan perlindungan dari cuaca paling maksimal, tahan lama. Akan tetapi, 3 layer cenderung lebih kaku sehingga kurang nyaman, pekingan sedikit bulky, dan tentu saja harganya adalah paling mahal.
konstruksi 3 layer

konstruksi 3 layer

3 layer jacket

Selain konstruksi dengan urutan susunan tumpuk-tumpukan seperti di atas, ada juga konstruksi yang nyeleneh. Columbia dengan terknologi terbarunya yaitu Outdry. Dia menghilangkan lapisan outer pada konstruksinya, sehingga lapisan pertama paling luar adalah membran waterproof langsung. Tentunya membran ini dibuat jauh lebih durable daripada membran jaket pada umumnya karena penempatannya adalah di luar, sehingga diharapkan lebih tahan gesekan. Untuk material membran ini tentu adalah rahasia dari columbia sebagai self-developernya, dan tidak akan dibuka ke publik. Konstruksi yang nyeleneh ini juga mengharuskan pemasangan seam-seal ada di luar, permukaan kain luar terkesan lebih rubbery (kekaret-karetan, apa ya bahasa kerennya?), dan lebih mengkilat seperti jaket disko tahun 80-an.

Konstruksi Outdry columbia

Konstruksi Outdry columbia

Nah, selesai juga part-2 tentang jaket outdoor ini. huff capek.

baca juga:

part 1: Apa itu waterproof dan breathable

part 2: pengertian single layer, 2 layer, 2.5 layer, dan 3 layer

part 3: Macam-macam merk material waterproof di jaket outdoor

Sumber: berbagai sumber

 

 

tags: jaket millet 3 layer jaket trespass 3 layer jaket gunung 3 layer jual jaket 3 layer maksud jacket 3 layer jaket outdoor 3 layer jaket salomon 3 layer bahan jaket 3 layer jaket kolping 3 layer apa itu jaket 3 layer jaket 3 layer jaket trespass dlx 3 layer harga jaket millet 3 layer jaket goretex lokal jaket goretex bekas jaket goretex jogja jaket gore tex original jaket goretex jaket adidas goretex jual jaket adidas gore tex jaket goretex buatan lokal jaket bahan goretex jaket north face gore tex jaket the north face gore tex jual jaket gore tex north face jaket gunung goretex jual jaket gunung goretex grosir jaket goretex harga jaket goretex jaket gore tex indonesia jaket goretex jakarta jual jaket goretex jual jaket goretex murah jual jaket goretex jack wolfskin merk jaket goretex jaket gore tex ori jaket outdoor goretex perawatan jaket gore tex jaket gore tex surabaya jaket gore tex second jaket salomon gore tex jaket salewa gore tex jaket goretex tnf jaket goretex terbaik jaket tnf gore tex

Comment

2 thoughts on “Teknologi di jaket outdoor (bagian 2: konstruksi layer / lapisan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.